Tags

, , , , , , , , , , , , , ,

Resep Membuat Ayam Ungkep

Ayam ungkep ini adalah salah satu resep yang paling “ngolotok” yang yara masak tanpa harus liat catatan. Yah, maklum lah.. Namanya juga anak kosan, jadi nyari menu yang enak dan tahan lama untuk dimasak (karena olahan ayam ungkep ini tinggal goreng aja nantinya). Rekor yang pernah yara alami, ayam ungkep yang pernah yara masak bisa tahan 1 bulan lebih (tidak basi, tetap enak, dengan syarat disimpan di freezer).

Oke, sore ini yara baru aja bikin ayam ungkep untuk persediaan makan selama beberapa hari. Yara lupa kalau hari ini hari 25 Desember, jadi pas beli ayam harganya lagi mahal deh… hehe.. qodarullah.. Oke, langsung aja yah.. kita mulai resep masaknya..

Bahan:

  • Ayam broiler 

ayam broiler untuk ungkep

hm… untuk memotong ayamnya, yara sarankan pake pisau yang tajam agar hasilnya bagus.. tapi hati2 yah ^^.. Kalau yara, punya pisau andalan selama di rumah.. pisau khas manonjaya

pisau khas manonjaya

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Serai
  • Daun Salam
  • Jahe
  • Laos
  • Kunyit
  • Garam
  • Penyedap rasa

Cara memasak

A. Siapkan Bumbu

  • Blender ketumbar atau haluskan dengan cara di “ulek” ketumbarnya. Kalau mau pake blender, saran yara biar mesinnya ga panas, ketumbarnya masukin dan isi sedikit air karena ketumbarnya tetep halus kok.
  • Haluskan laos, jahe dan kunyit. Untuk laos dan jahe, takarannya, untuk 1 kg daging ayam masing-masing 25 gram atau kelebihan sedikit sih ga masalah. Untuk kunyitnya, 1 kg daging bisa gunakan kunyit sepanjang 1,5 ruas telunjuk kamu.. hehehe.. beneran deh, yara ngukurnya pake ruas jari (diajarin ibu). Kalau mau lebih kuning ayamnya ya lebih banyak sedikit ga masalah. Kalau mau simple, pake blender lebih enak bikin bumbu halusnya. Cuman nanti blender kamu jadi kuning ^^

DSC04336

  • Blender bawang merah dan bawang putih.. untuk bawang ini, yara ga bisa ngasih takaran.. Banyaknya bawang yang yara pakai biasanya sesuai selera aja. Biasanya untuk ayam yang yara pakai kaya photo diatas, yara pake bawangnya segini nih…

bawang

setelah di blender, hasilnya jadi begini…

DSC04332

  • Geprek serai nya.. Hmm.. apa yah bahasa bakunya “geprek” ? Dimemarkan mungkin yah.. hmm, liat contoh gambar dibawah ini aja yah
  • DSC04334
  • Siapkan daun salam, garam dan penyedap rasa

DSC04343

B. Mulai Memasak

  •  panaskan minyak sedikit dengan api sedang
  • masukkan bawang yang sudah di blender, tumis hingga wangi
  • masukkan ketumbar, laos, jahe dan kunyit yang sudah dihaluskan
  • masukan garam dan penyedap rasa, aduk lalu serai dan daun salam dimasukkan
  • masukkan ayam dan aduk sampai semua ayam sebentar, kira-kira sudah terlumuri bumbu secara merata
  • tambahkan air, dan tunggu sampai mendidih agak lama

DSC04345

  • coba cicipi sedikit airnya, rasakan apakah airnya asin atau tidak. kalau mau awet ayamnya, bumbunya agak asin ^^ lagipula enak kok karena lebih menyerap ke daging bumbunya
  • rebus ayamnya sampai matang, bisa dilihat dari kulit yang mulai mengerut, atau tusuk aja pake garpu dan cicipi.. hehehe.. biasanya kuahnya udah mulai mengental kalau ayamnya udah mau mateng tapi itu tergantung banyaknya air yang kamu tambahkan sebelumnya
  • setelah matang, goreng deh..

DSC04357

duh.. kebayang wanginya ayam ungkep! yummy… maaf yah yara ga moto ayam ungkepnya yg udah di goreng.. Selamat mencoba yaaaah.. Jangan lupa cantumkan link blog ini kalau kalian mau repost atau menyadur.. Terimakasih!

#update:

Terimakasih sudah berkunjung ke postingan ini, tidak menyangka kalau viewersnya akan banyak sekali… :) jika kalian suka dengan resep ini, minta feedbacknya yah.. like fanblog ini di https://www.facebook.com/pages/katahatimutiarawordpresscom/115151751930390

Terimakasih banyak… <3

About these ads