Ya Allah, entah mengapa saya masih belum bisa melupakan rasa sakit hati saya. Mengapa saya lemah sekali hanya untuk sekedar melupakan perilaku yang membuat saya sakit hati itu? Mengapa semakin saya mencoba untuk melupakan, semakin sering saya menemukan berbagai hal yang bisa mengingatkan saya pada sesuatu yang saya ingin lupakan ini? Astaghfirullah.. padahal sudah beberapa bulan semua itu berlalu, tapi mengapa saya masih belum bisa memaafkan sepenuh hati? Mengapa saya masih menyesali apa yang mereka perbuat? Mengapa mereka menjadi bagian dari kehidupan saya? Mengapa sampai sekarang mereka merugikan saya, padahal saya tidak merasa mengenal mereka secara pribadi? Mengapa mereka begitu berbeda dan mengapa hanya mereka yang berbeda memperlakukan saya? Dan yang paling saya sesalkan, mengapa saya tidak berhasil membuka lembaran baru dengan mendekati mereka agar lebih mengenal mereka dan agar mereka bisa mengenal saya? Mengapa mereka demikian negatif merespon niat baik saya? Dan mengapa mereka terus begitu pada saya? Bagaimana caranya agar saya bisa benar-benar memaafkan perbuatan mereka pada saya? Sungguh, sangat merugikan saya.. dan mengganggu pikiran saya.. Innalillahi.. Ya Allah.. bagi saya ini adalah musibah.. saya mohon, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpa saya, dan berilah ganti dengan yang lebih baik… Jauhkanlah saya dari perilaku, perbuatan, perkataan yang bisa membuat orang di sekeliling saya sakit hatinya… Berilah saya kemudahan untuk peka menjaga perasaan orang lain, kemudahan memaafkan kesalahan orang lain, kemudahan saling mengingatkan dengan orang lain, kemudahan berpikir dengan bijaksana, kemudahan berprilaku dengan akhlaq yang baik yang bisa menjadi contoh bagi murid-murid saya, berkata dengan tutur kata yang baik dan menjauhi perkataan yang tidak bermanfaat… Mudahkan dan hendakilah saya menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain di sekitar saya ya Allah..  Amin..