Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Enggan makan sayur? Jarang mengkonsumsi buah? Seberapa banyak sih pengetahuanmu tentang manfaat dari buah dan sayuran? Tahukah kamu? Ternyata hanya dengan melihat warna dari buah dan sayuran, kita bisa mengklasifikasikan manfaat buah dan sayuran tersebut secara umum. Mau tahu? Ayo kita cari tahu di sini!🙂

– Merah
Buah berwarna merah seperti semangka, stroberi, tomat, atau jambu biji merah. Warna merah ini melambangkan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar tidak mudah pikun.

Sayuran berwarna merah seperti terung, kol merah, dan bayam merah. Pigmen pada sayuran jenis ini mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker. Kol merah jika disantap mentah mengandung senyawa fitokimia dan vitamin C dua kali lipat daripada kol putih.

– Jingga
Melon jingga, pepaya, jeruk yang berwarna jingga dan semua buah-buahan yang berdaging jingga mengandung betakaroten. Sayuran yang mengandung betakaroten adalah wortel, ubi jalar merah dan labu kuning. Fungsi betakaroten menghambat proses penuaan sel. Di dalam tubuh, betakaroten juga akan berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga kita ketahui sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata.
Wortel juga kaya Kalsium pektat yang berguna menurunkan kadar lemak dalam darah.

– Kuning
Buah berwarna kuning seperti belimbing, nanas, pisang dll. Buah-buahan ini kaya Kalium. Kalium bermanfaat mencegah stroke dan jantung koroner.
Nanas, membantu menyembuhkan diare dan mempercepat penyebuhan radang.
Sayuran berwarna kuning seperti paprika dan jagung muda, diyakini ampuh memerangi katarak, serangan jantung dan stroke.

– Hijau
Alpukat, melon, anggur hijau, mengandung banyak asam alegat yang sangat ampuh menggem[ur bibit sel kanker jenis apa pun. Asam alegat juga membantu menormalkan tekanan darah karena buah berwarna hijau juga mengandung Kalium.

Bayam, caisin dan daun singkong, banyak mengandung vitamin C dan B Kompleks, zat besi, Kalsium, Magnesium, Posfor, betakaroten dan serat. Kekurangan sayuran berwarna hijau menyebabkan kulit jadi kasar dan bersisik.

– Putih
Buah yang berwarna putih seperti sirsak, duku, kelengkeng dan leci. Kandungan serat dan vitamin C dalam buah-buahan berwarna putih ini tinggi. Memang tidak banyak mengandung antioksidan namun serat juga sangat dibutuhkan dalam tubuh kita seperti memudahkan BAB.

Sayuran yang berwarna putih seperti taoge, kol, kembang kol, sawi putih, rebung dan jamur. Taoge sebaiknya dimakan mentah atau setengah matang, agar vitamin E dan C yang dikandungnya tidak hilang. Sedangkan jamur,kol dan kembang kol, sarat akan senyawa antikanker.

Subhanallah, bahkan hanya dengan warna kita dapat dengan mudah mengenali berbagai manfaat dari berbagai buah dan sayuran. Mudah-mudahan pengetahuan warna pada buah dan sayur di atas, bisa membantu kita dalam menentukan menu sayur dan buah-buahan harian yang kita butuhkan. Ayo! Jangan ragu mengkonsumsi buah dan sayuran!🙂

Sumber: Harian Kompas dengan beberapa tambahan.