Tags

, , , , , , ,

Resep sayur lodeh ini, kenapa yara bilang “ala yara”, soalnya kalau yara nyobain sayur lodeh buatan orang lain, dari mulai bahan sampai cara masak biasanya suka beda (dan jarang sekali ada yang sama). Menurut yara, buatan yara sendiri rasanya lebih enaaaak *slurp*. Ga ada salahnya kalau kalian mau coba resep yara. Mau?🙂

Bahan:

  • 1 buah waluh atau labu siam ukuran besar (sesuai kebutuhan/ 150gr). Untuk waluh ini silahkan klik disini untuk melihat gambar waluhnya (karena biasanya suka beda nama di tiap daerah)
  • 1/4 kg terung ungu ukuran sedang. Dipotong sesuai selera saja. Di keluarga Yara, hanya Yara yang kurang suka, jadi kalau bikin sendiri biasanya ga suka nambahin terung.
  • 1 ons jagung muda/ jagung manis, dipotong melintang kaya bikin sayur asem.
  • 1 buah wortel ukuran sedang, dipotong sesuai selera
  • 150 gr kacang panjang, dipotong kira-kira 3 cm/sesuai selera
  • Daun tangkil atau daun melinjo kali yah + buah tangkilnya. Banyaknya sesuai selera saja, tapi kalau yang mengkonsumsi ada yang asam urat kayanya ga usah pake juga tetap enak kok ^^ *lirikseseorang
  • 2 biji cabe merah, diiris serong
  • 1 siung bawang putih, dikeprak dulu sebelum diiris biar wangi pas numis2
  • 1/2 siung bawang bombay kecil, diiris tipis
  • 1 sendok makan udang kering (ebi), dicuci bersih, kalo ga ada juga gpp, cuman lebih enak pake ebi. Alternatif pake royco ebi ^^
  • 1/2 butir kelapa, diparut, dijadikan santan atau biar simple pake santan yang sudah dikemas (250 ml). Perbandingannya kalau santan kental 250 ml, maka airnya 1 liter
  • 2 lembar daun salam, dicuci bersih
  • 2 cm lengkuas, geprek.
  • minyak goreng secukupnya
  • garam dan gula secukupnya
  • bumbu penyedap secukupnya kalau mau pakai
  • Terasi. Bakar dulu yah, dan terasinya juga sedikiiiiiit saja ^^ jangan banyak2. Kalau yang ga suka terasi, ga pake terasi juga tetep enak kok🙂

Bahannya cukup berbeda kan? Kebanyakan orang memasak lodeh dengan mencampurkan tempe, tapi yara kurang suka karena rasanya lebih enak kalau ga pake tempe. Lalu, ada juga yang bahannya menggunakan nangka, tapi kalau yara ngga suka pake nangka juga ^^.

Ada tipsnya nih :

  1. Potong atau petiki kacang panjang dengan jari bukan pisau biar rasanya lebih sedap (yara gatau alasannya apa). Setelah dicuci langsung ditiriskan jangan terlalu lama terendam dalam air biar kacang tidak kaku saat dimasak.
  2. Lumuri tangan dengan sedikit minyak pada saat mengupas labu siam supaya getah tidak melekat di tangan. Belah labu siam secara melintang, pertemukan kedua bagian dan putar-putar supaya getah keluar. Kupas labu siam, kemudian potong-potong bentuk korek api, beri sedikit garam, remas-remas, cuci, tiriskan.
  3. Kupas terong, potong-potong, rendam dlm air dgn sedikit garam supaya warnanya tidak berubah kecoklatan.
  4. Okey, langsung masak aja yu!
Cara masak:
  1. Panaskan minyak secukupnya
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah diiris sampai harum dan kekuningan. Masukkan terasi yang sudah dibakar. Masukkan cabe merahnya.
  3. Masukkan sayur yang sudah dipotong-potong.Tapi harus berurutan dari mulai sayur yang paling lama matangnya sampai sayur yang paling cepat matangnya. Urutannya: Wortel, Buah tangkil, Waluh, Jagung, Kacang panjang.
  4. Sayur-sayur tadi di tumis sampai kira-kira setengah matang. Masukkan daun salamnya yah.. Kalau bingung, ya kira-kira aja deh pokonya jangan terlalu lama juga numisnya. Jangan lupa kasih garam yah ^^
  5. Tambahkan air secukupnya sesuai selera kamu pengen kuahnya sebanyak apa, lalu masukkan santan, aduk.
  6. Baru deh masukkan daun melinjonya kalau sudah mendidih.
  7. Rebus sampai semuanya matang, kasih garam lagi dan sedikit penyedap kalau mau, kasih gula juga, dan cicipin sampe rasanya enak menurut kamu ^^
  8. Kalau sudah matang, sajikan🙂

Mudah kan? Selamat mencobaaaa🙂