Tags

, , , , , , ,

#Tutug oncom… tutug oncom.. barade.. barade..

Tutug oncom adalah masakan khas orang sunda, asalnya sih kalau ga salah dari Tasikmalaya. Tapi tiap daerah punya cara masing-masing dalam menyajikannya. Ada yang belum pernah nyobain tutug oncom?😀 haha.. kaciaan deh.. Mau nyobain tapi bingung dimana yang jual? Bikin aja.. Resep tutug oncom mah gampang deh..

Bahan:

Sebetulnya bingung juga sama takarannya, soalnya yara biasa bikin sesuka yara aja.. Yara ambil patokan untuk 3 porsi aja yah, jadi bahan yang ditulis di sini untuk masak kira-kira 3 porsi🙂

  1. 1 ruas jari kencur, kupas
  2. 6 siung bawang merah
  3. 2 buah cabe merah (semakin banyak makin mantaaaap)
  4. 3 bata oncom (biasanya dijual per potongan oncom kecil-kecil dan dibungkus daun pisang)
  5. Nasi putih hangat ukuran 3 porsi sedang menurut kamu
  6. Kerupuk aci atau rangginang, yang enak sih kata yara merknya panca rasa, asli ciamis!
  7. Garam secukupnya aja (biar ga darah tinggi)
  8. ikan peda atau ayam goreng ungkep yang udah jadi sebagai pelengkap (mantaaap!)

note: kadang orang pake bawang putih, tapi kata yara mah kurang enak😦 silahkan eksperimen sendiri aja yah sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Kupas bawang dan kencur, cuci sampe bersih yah terutama kencurnya.
  2. Iris oncom seperti irisan kalau mau buat mendoan (ribet bgt bahasanya) dan jangan terlalu tipis yah
  3. Siapkan wajan atau katel kalau kata orang sunda mah… hehehe, panaskan wajannya yah..
  4. masukkan bawang dan oncomnya untuk dibakar di wajan, jadi jangan dikasih minyak. jangan lupa dibolak balik oncom sama bawangnya biar matangnya rata.
  5. angkat kalau sudah seperti ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Siapkan Ulekan .. masukkan kencur dan garam.. dan cabe pastinya.. *kalau suka pedes yah.. (oya, biar pas ngulek ga berisik, alasi ulekan dengan kain lap)

 

 

 

 

 

 

7.  lalu, kalau sudah halus semua, masukin deh bawangnya.. ga usah sampe halus banget, soalnya kayanya bakal susah juga kalau mau halus banget nguleknya..habis itu masukin deh oncomnya.. ulek..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8. Campurin bumbu oncom ke nasi yang udah disiapin🙂 aduk yang rata.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9. Ga komplit banget kalau tutug oncom ga pake kerupuk!! Kalau yara biasanya diremukin dulu kerupuknya baru campurin ke nasi..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selamat makan!🙂