Tags

, , , , ,

Berikut adalah review singkat mengenai salah satu organisasi perunggasan yang ada di Indonesia, PINSAR Unggas Nasional. Semoga review singkat ini bermanfaat

Deskripsi Singkat

PINSAR Unggas Nasional merupakan asosiasi peternak unggas terbesar di Indonesia. Sebagai organisasi yang memperjuangkan kepentingan peternak unggas nasional, secara fungsional PINSAR Unggas Nasional juga sebagai Pusat Informasi Pemasaran Hasil Unggas Nasional. Organisasi ini didirikan pada tanggal 23 Maret 1990 dan kemudian diresmikan pada tanggal 10 Juni 1990 oleh Ir. Wardoyo yang menjabat sebagai Menteri Pertanian pada saat itu. Saat ini ada 400 narasumber PINSAR Unggas Nasional di 45 kota di Indonesia sebagai penyedia informasi harga harian dan situasi pasar lokal. Hingga kini PINSAR Unggas Daerah dan wilayah yang terbentuk terdapat di 200 kota dan 19 propinsi Indonesia.

 Tujuan

Landasan fisiologis dari pembentukan PINSAR Unggas Nasional adalah untuk membantu peternak mengantisipasi kondisi harga produk perunggasan yang sedang bergejolak tak tentu arah. PINSAR Unggas Nasional lahir dari komunitas perunggasan Indonesia, hidup di dalamnya dan diasuh olehnya. Semua kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh PINSAR Unggas Nasional maupun oleh PINSAR Unggas Daerah di masa yang akan datang tidak dapat dilepaskan dari kegiatan industri perunggasan Indonesia. Tujuan utama dan satu-satunya keberadaan PINSAR Unggas adalah untuk membantu komunitas perunggasan Indonesia mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang terpercaya.

Sejarah PINSAR Unggas Nasional

Berikut beberapa peristiwa penting dalam proses berdirinya PINSAR Unggas Nasional:

  • 27 Januari 1990

Diadakan pertemuan persiapan pendirian Pusat Informasi Pemasaran Hasil-hasil Unggas di Jakarta yang dihadiri oleh para pengusaha pemasaran hasil-hasil unggas se-wilayah DKI dan Jawa Barat dengan bimbingan dan pengarahan Direktorat Bina Usaha Tani dan Pengolahan Hasil, Direktorat Jenderal Peternakan

  • 14 Februari 1990

Diadakan rapat pembentukan wadah informasi Pemasaran Hasil-hasil Unggas di Bandung yang dihadiri oleh para pengusaha pemasaran unggas se-DKI dan Jawa Barat.

  • 23 Maret 1990

Pertemuan Pusat Informasi Pemasaran Hasil-hasil Unggas se-Jawa di Jakarta yang dihadiri perwakilan-perwakilan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY dan DKI / Jawa Barat. Pertemuan ini salahsatunya menghasilkan kesepakatan untuk membentuk Pusat Informasi pemasaran Hasil Unggas se-Jawa sebagai forum komunikasi bagi PINSAR daerah.

  • 10 Juni 1990

Peresmian berdirinya PINSAR Unggas Nasional oleh Bapak Menteri Pertanian.

Gambaran Program Kerja

PINSAR Unggas Nasional membagi kategori program kerjanya menjadi program kerja internal dan program kerja eksternal. Beberapa program kerja internalnya adalah dalam bidang organisasi. Program kerja ini dititikberatkan kepada pengembangan organisasi untuk lebih profesional sebagai organisasi yang mampu menjawab segala tantangan yang akan datang. Sedangkan salah satu program kerja eksternalnya adalah sebagai mitra pemerintah sebagai pusat data bisnis unggas, yang bisa menjadi rujukan atau sumber data bagi pemerintah.

Oleh: Mutiara Maghfira C. _ Fapet E 2010

Sumber : http://pinsar.com/about_us

Jangan lupa cantumkan juga https://katahatimutiara.wordpress.com ;)