Tags

, , , , , , ,

ice cream coklat, chocolate ice cream, www.katahatimutiara.wordpress.com

ice cream coklat, chocolate ice cream, http://www.katahatimutiara.wordpress.com

Resep ice cream coklat kali ini yara kategorikan kedalam resep yang tingkat kesulitannya cukup mudah. Biasanya, yara baru membuat ice cream coklat kalau ada moment berkumpul dengan keluarga besar atau kalau lagi berkumpul dengan adik yara saja. Karena nanggung sih kalau bikinnya cuma buat seporsi😉 (soalnya  di keluarga yara, ayah yara diabetes dan ibu jadi mengurangi makanan yg manis juga untuk menyemangati ayah mengurangi makanan yg manis). Oke, langsung saja yah, untuk alat yang digunakan dalam membuat ice cream coklat, baiknya sih menggunakan ice cream maker karena alatnya bisa mengaduk adonan sekaligus langsung jadi ice cream yang katanya cuma butuh waktu 1 jam atau lebih cepat lagi. Tapi, kalau yang tidak punya ice cream maker kaya saya ini (*hiks), pakai mixer dll cukup kok! Hasilnya tetap enak…

Bahan yang digunakan:

  1. 300 ml susu full cream. Boleh menggunakan susu UHT (itu loh, susu yang udah pake bungkus tetrapak seperti susu *ltra atau d*amond) atau pakai susu bubuk full cream yang dilarutkan (biasanya yara pakai yang ini).
  2. 30 gram coklat bubuk
  3. 250 gram coklat balok. Maksudnya dark coklat yang biasa dipakai untuk dimasak coklatnya (cooking chocolate). Nanti coklatnya di cincang kasar yah biar cepet lumer.
  4. 175 gram gula pasir
  5. 600 ml whipped cream dairy cair
  6. 1/2 vanili esens
  7. 6 kuning telur

Cara membuat :

  1. Masak susu cair dan vanili esense di dalam panci dengan api kecil (pancinya bisa menggunakan panci apa saja) sebentar saja. Lalu matikan dulu kompornya, ambil sedikit susu di panci sekitar 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk, aduk sampai coklat bubuknya larut, dan tuangkan ke dalam panci susu. Nyalakan lagi komornya dengan api kecil, masak sambil diaduk hingga mendidih perlahan, angkat.
  2. Kocok kuning telur bersama gula pasir dengan mixer kecepatan sedang selama 3 menit. Lamanya tergantung mixer yang digunakan sih, pokoknya sampai mengental dan berwarna agak pucat.
  3. Tuang larutan susu-coklat ke dalam kocokan kuning telur yang telah mengental, aduk dengan spatula/whisk hingga rata. Setelah itu, masukkan lagi campuran ini kedalam panci bekas merebus susu, masak di atas api kecil selama 3-4 menit hingga adonan mengental (perhatian, jangan sampai mendidih yah, tapi cukup sampai adonan mengental).
  4. Masak krim kental di panci dengan api kecil. Kalau sudah muncul gelembung-gelembung kecil, masukkan dark coklat yang sudah dicincang. Angkat pancinya lalu aduk hingga seluruh coklat meleleh dan adonan terlihat licin.
  5. Masukkan adonan susu-telur ke dalam adonan krim-coklat, aduk rata. Biarkan hingga dingin.
  6. Masukkan adonan ke dalam freezer kira-kira sampai 3 jam (atau pokoknya sampai menjadi es / ice), keluarkan lalu kocok dengan mixer sampai lembut selama 5 menit dan masukkan lagi adonannya ke freezer. Ulangi sekali lagi proses menunggu dan mengocok dengan mixer, lalu simpan adonan ke dalam freezer, tunggu sampai beku (kira-kira 3 jam). Nah, jika ingin ice creamnya lembut sekali, proses mengocok dengan mixer dan freezing adonannya harus lebih banyak, bisa sampai 3-4 kali hingga diperoleh adonan yang lembut. tapi jika menggunakan ice cream maker tidak perlu berulangkali mixering, cukup sekali dan adonan langsung jadi ice cream selama 1 jam. Itulah sebabnya saya selalu malas jika membuat ice cream dengan adonan yg sedikit, karena prosesnya lama jika tanpa ice cream maker. Tapi hasilnya terasa lebih enak karena proses pembuatannya lebih istimewa😀 *imho

Oya, satu lagi, jika tidak ada mixer, menggunakan blender juga bisa, namun harus diingat, blender itu lebih cepat membuat adonan panas jadi menggunakannya harus dengan perasaan, hehe.. jangan sampai adonannya rusak kandungannya. Jadi, adonan jangan terlalu beku jika ingin menggunakan blender. Oke… selamat mencoba yah…

*note:

Jika kalian suka dengan postingan ini, minta feedbacknya yah… tolong like fanblog ini di https://www.facebook.com/pages/katahatimutiarawordpresscom/115151751930390 dan tinggalkan jejak di komentar🙂 Terimakasih…